Selamat Datang. Indahnya hari ini adalah suatu berkat dan berkah dari Tuhan. bertindaklah dengan bijaksana agar hidup kita menjadi lebih berarti bagi orang lain.

22/03/2020

Menghadapi WABAH CORONA

Hari ini hari ke 5 saya dan keluarga beraktivitas di dalam rumah. efek dari kebijakan pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. sungguh sangat berat menjalankannya harus tinggal dirumah (lebih banyak waktu didalam), yang biasanya kita semua bebas beraktivitas diluar yang dengan tiba tiba harus tinggal di dalam rumah. 


Namun ketika melihat dan mendengar berita berita dari berbagai media membuat hati kami cemas dan takut. Sampai hari ini kalau boleh dibilang hampir seluruh dunia mengalami atau tertular wabah corona. Tampak jelas dipaparkan data data wilayah penyebaran baik nasional maupun dunia. Dari data yang meninggal, orang dalam pemantauan ( ODP), pasien dengan pengawasan ( PDP), dan suspek. Beberapa negara ada yang sudah me"lockdown" negaranya atau ada beberapa kota di Indonesia menyatakan dalam "KLB (Kondisi Luar biasa). Mengapa semua itu dilakukan? semua ini karena covid-19.


Apa itu covid-19 atau corona itu? Dikutip dari DailyMail, Rabu (12/2/2020) tepat hari ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan nama virus mematikan yang bermula di Wuhan, Cina.  Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkannya pada konferensi di Jenewa, Swiss. Nama Covid-19 dipilih untuk virus yang sejak mewabah mendapat banyak nama seperti  corona Wuhan, coronavirus Cina,  bahkan flu ular. Lalu apa arti COVID-19?   Ghebreyesus menyebut, C-o = corona, v-i = virus, dan D = disease. Jadi Covid bisa diartikan penyakit virus corona.  Angka 19 menandai tahun pertama kali virus teridentifikasi. Pemilihan nama dilakukan berdasar pedoman yang disepakati antara WHO, Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pilihan nama tidak boleh merujuk pada lokasi geografis, hewan, individu atau sekelompok orang, mudah diucapkan dan terasosiasi dengan penyakit yang diakibatkan.
Kenapa juga disebut Pandemi Covid-19? istilah pandemi untuk menunjukkan luas penyebaran dimana covid-19 ini telah menyebar ke berbagai negara. 


Sudah banyak saran saran yang bisa kita ikuti untuk mengatasi Covid-19 di berbagai media. 


Sumber : Germas
Demikian teman teman. Sayangilah keluarga dan teman anda dengan membatasi kegiatan diluar rumah. Disiplin dan taat pada ketentuan pemerintah. Semoga info ini membantu.

No comments: