Selamat Datang. Indahnya hari ini adalah suatu berkat dan berkah dari Tuhan. bertindaklah dengan bijaksana agar hidup kita menjadi lebih berarti bagi orang lain.

21/03/2009

Bagaimana membuat kertas daur ulang

Jangan buang kertas koran anda yang lama, cobalah untuk membuat kertas daur ulang sendiri!

Kertas daur ulang dapat dibuat dari kertas koran lama, ikuti petunjuk dibawah. Kertas daur ulang menggunakan selulosa secara berulang kali, menggunakan sedikit air, sedikit energi listrik, mengurangi polusi dan menyelamatkan banyak pohon!

Yang anda butuhkan :

  • Food processor atau blender/li>
  • Setrika listrik
  • Gantungan pakaian
  • Kaus kaki tidak terpakai
  • Kertas atau koran lama, robek2 menjadi ukuran 2 inch persegi
  • Lem putih
  • Air
  • Saringan (optional)
  • Pewarna makanan (optional)
  • Ember diisi dengan air sebanyak 4 inch

Carilah tempat untuk anda bekerja, anda akan segera mulai!

Langkah pertama :


Buatlah bingkai dari gantungan pakaian lama anda. Anda akan membutuhkan bingkai untuk setiap lembar kertas yang akan anda buat. Ubah gantungan pakaian lama anda menjadi berbentuk persegi empat. Ambil sebelah kaus kaki bekas dan renggangkan dengan hati-hati di bingkai dari gantungan pakaian lama anda. Yakinkan kencang dan datar.

Langkah kedua :

Ambil kertas koran lama anda yang telah anda robek-robek dan air, masukkan kedalam food processor/blender. Blender sampai seperti bubur. Tetap tambahkan kertas dan air hingga anda mendapatkan gumpalan besar berwarna abu-abu. Mungkin anda perlu sedikit menambahkan air agar blender tetap dapat berjalan. Terus blender hingga kertas tidak terlihat lagi melainkan telah menjadi satu. Diamkan sekitar 2 menit. Jika ingin berwarna tambahkan sedikit bahan pewarna makanan kedalam adonan tersebut.

Langkah ketiga :

Ambil sebanyak 2 sendok makan lem putih tuangkan kedalam ember yang berisi air dan masukkan semua bubur kertas yang anda buat tadi. Campur hingga tercampur dengan rata, gunakan tangan anda.

Langkah keempat :

Masukkan bingkai anda kedalam ember, angkat pelan-pelan (hitung hingga 20 dengan pelan sambil anda mengangkat bingkai anda). Biarkan air nya menurun sebagian untuk beberapa menit.

Langkah kelima :

Gantung bingkai anda atau jemur dibawah sinar matahari. Tunggu hingga benar-benar kering sempurna. Setelah kering anda dapat dengan pelan mengangkat kertasnya.

Langkah keenam :

Gunakan setrika, atur pada level panas yang paling tinggi untuk menguapi kertas anda. Anda dapat terus membuat kertas hingga bubur yang anda buat habis. Cobalah bereksperimen dengan menggunakan bahan pewarna pakaian, atau coba tambahkan kain tiras atau daun kedalam blender anda sewaktu mencampur kertas dan air. Kertas anda akan memiliki tekstur yang menarik. Membuat kertas anda sendiri sangatlah menyenangkan dan merupakan cara bagus untuk menggunakan ulang kertas lama. Anda dapat mendaur ulang segala macam kertas untuk digunakan kembali. Terkadang tinta dari printer anda akan bercampur dengan tinta di koran bekas anda, namun itu justru akan menimbulkan efek yang menarik pada kertas baru anda!(WS)

Sumber : http://www.make-stuff.com/recycling/paper.html

No comments: