Selamat Datang. Indahnya hari ini adalah suatu berkat dan berkah dari Tuhan. bertindaklah dengan bijaksana agar hidup kita menjadi lebih berarti bagi orang lain.

21/03/2009

Brokoli Dapat Menghindarkan Asma

DokterSehat- Dalam penelitian yang dilakukan oleh Riedl.M.A dan kawan kawan yang dipublikasikan dalam Jurnal Clinical Immunology menunjukkan bahwa sulforaphane yang terdapat secara alami di dalam brokolu dan sayuran cruciferous lainnya dapat membantu memberikan perlindungan terhadap radang pernafasan yang dapat menyebabkan asma, alergi rhinitis dan penyakit kronik lainnya. Sulforophane memicu peningkatan enzim antioksidan dalam jalur udara di tubuh manusia yang memberi perlindungan dari radikal bebas yang dihirup setiap hari termasuk udara berpolusi, serbuk sari, asap mesin, dan asap rokok.

Penelitian dilakukan terhadap 65 sukarelawan yang diberikan asupan brokoli dan alfalfa selama 3 hari. Brokoli merupakan sumber sulforaphane yang kaya, sedangkan alfalfa yang tidak mengandung senyawa tersebut dijadikan plasebo. Bilasan saluran nafas dikumpulkan pada awal dan akhir penelitian untuk menguji ekspresi gen terhadap enzim antioksidan dalam sel pada saluran pernafasan atas.

Peneliti menemukan peningkatan produksi enzim antioksidan yang luarbiasa pada kelompok yang mengkonsumsi minimum 100 g brokoli dibanding dengan yang mengkonsumsi plasebo. Produksi enzim antoksidan maksimum ditemukan pada kelompok yang mengkonsumsi brokoli 200 gram, peningkatan enzim antioksidan yang terjadi yaitu 101% terjadi pada enzim GSTP1 dan 199% pada enzim NQO1.

Dari penelitian juga tidak ditemukan efek samping dari konsumsi brokoli, sehingga brokoli dapat menjadi bahan pangan yang sangat baik, aman dan efektif untuk mengurangi peradangan karena radikal bebas. FAN

No comments: